Bagaimana Cara Membaca Meniskus

Berikut adalah penjelasan mengenai Bagaimana cara membaca meniskus

Meniskus adalah kurva yang dibentuk pada permukaan atas cairan di dalam wadah. Kurva ini dibentuk oleh tegangan permukaan antara cairan dan wadah yang menahan cairan. Jika molekul dalam cairan lebih tertarik ke sisi wadah daripada satu sama lain, cairan akan menempel di sisi wadah. Ketika ini terjadi, kurva meniskus membungkuk dan disebut cekung. Sebagian besar cairan membentuk meniskus jenis ini. Air adalah contoh umum dari cairan yang membentuk meniskus cekung.

Dalam beberapa kasus, molekul-molekul cairan lebih tertarik satu sama lain daripada sisi wadah, cairan akan menarik diri dari sisi wadah dan membentuk kurva ke atas, atau meniskus cembung. Meniskus jenis ini kadang-kadang dikenal sebagai ‘meniskus terbelakang’, tetapi istilah yang tepat adalah meniskus cembung. Cairan umum yang membentuk cembung meniskus adalah cairan merkuri (raksa).

Bagaimana Cara Membaca Meniskus

Bagaimana cara membaca meniskus?


Jika cairan membentuk kurva, bagaimana Anda diharapkan membuat pengukuran akurat jumlah cairan dalam wadah? Untuk membaca meniskus, pertama-tama Anda perlu melihat jenis meniskus apa bentuk cair Anda. Jika meniskus adalah meniskus cekung, bacalah pada tingkat terendah dari kurva. Jika meniskus cembung, lakukan pengukuran pada titik tertinggi dari kurva.

Jawaban panjangnya: Untuk membaca meniskus, Anda harus terlebih dahulu melihat jenis meniskus apa yang berbentuk cair. Jika meniskus adalah meniskus cekung, bacalah pada tingkat terendah dari kurva. Jika meniskus cembung, lakukan pengukuran pada titik tertinggi dari kurva.

Jawaban singkat: Ambil ukuran Anda dari pusat meniskus.

Sangat mudah. Pastikan untuk memegang wadah Anda setinggi mata dan baca di tingkat tengah meniskus.

sumber :How to read meniscuspengertian meniskus cekung dan meniskus cembung

Posting Komentar

0 Komentar

close