Pengertian Dasar Delphi dan Bahasa Pemrograman

Pengertian dasar delphi yaitu sebagai berikut :

Delphi adalah Integrated Development Environment (IDE), yang didedikasikan untuk membangun aplikasi Windows, MacOS, Android dan iOS yang ditulis dalam Object Pascal, versi Pascal yang berorientasi objek.

Delphi mengimplementasikan konsep Rapid Application Development (RAD) dan pengembangan berbasis komponen, yang berarti bahwa, selain bahasa pemrograman, Delphi menawarkan desainer bentuk visual yang memungkinkan programmer untuk menambahkan komponen bersama-sama, konfigurasikan dengan titik dan klik dan tambahkan kode dengan menangani peristiwa yang dihasilkan komponen tersebut.

Komponen tidak lebih dari kelas Object Pascal yang menerapkan pola perilaku tertentu dan yang dapat didaftarkan dengan IDE, menjadi tersedia untuk digunakan dalam aplikasi lain.

Langkah Delphi yang sangat bagus adalah membiarkan programmer menambahkan komponen baru yang ditulis dalam bahasa pemrograman aplikasi yang sama. Jadi, seorang pemrogram aplikasi dalam Delphi dapat bertindak juga sebagai pemrogram komponen untuk Delphi, tidak harus mempelajari bahasa pemrograman lain.

Pengertian dasar delphi

Delphi menghasilkan kode yang benar-benar asli untuk Windows, MacOS, Android, iOS dan, dalam versi terbaru, Linux. Embarcadero (anak perusahaan dari Idera dan pemilik saat ini dari Delphi) menganjurkan bahwa kode asli ini memberikan aplikasi dan aplikasi tingkat kinerja runtime yang lebih tinggi dengan menghindari teknologi kompilasi JIT yang hadir dalam aplikasi Java dan C #.

[irp posts="4985" name="Cara Membuat Database Desktop"]

berkaitan dengan hal tersebut juga didapatkan mengenai bahasa pemrograman. apa itu bahasa pemrograman? Bahasa Pemrograman merupakan kosakata dan seperangkat aturan tata bahasa untuk menginstruksikan komputer atau perangkat komputasi untuk melakukan tugas tertentu. Istilah bahasa pemrograman biasanya merujuk ke bahasa tingkat tinggi, seperti BASIC, C, C ++, COBOL, Java, FORTRAN, Ada, dan Pascal.

Setiap bahasa pemrograman memiliki serangkaian kata kunci yang unik (kata-kata yang dimengerti) dan sintaksis (berasal dari kata syntax) khusus untuk mengatur instruksi program. hal ini dapat dikaitkan dengan adanya syntax dan semantic.

syntax merupakan sintaksis dalam bahasa pemrograman, melibatkan sekumpulan frasa yang diizinkan dari suatu bahasa, sedangkan semantik mengekspresikan makna yang terkait dari frasa tersebut.

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Dasar Delphi dan Bahasa Pemrograman, terimaksih.

sumber :What is delphi?programming languageDifference between Syntax and Semantics

Posting Komentar

0 Komentar