Pengertian Pertanian, Teknik Pertanian, Biosistem, dan Biosistem Engineering

Beberapa istilah seputar teknik pertanian memang terdapat perbedaan di beberapa definisinya. adapun definisi dari pertanian, teknik pertanian, biosistem, dan biosistem sebenarnya saling berkaitan satu sama lain tinggal darimana kita mengambil perspektif dari pengertian tersebut. Berikut adalah definisi dari masing-masing istilah tersebut :

Pengertian Pertanian, Teknik Pertanian, Biosistem, dan Biosistem Engineering

  1. Pertanian (agriculture)dapat dartikan suatu kegiatan pengelolaan tanah yang dimaksudkan untuk kepentingan tanaman dan hewan dimana tanah digunakan sebagai wadah/tempat kegiatan pengelolaan yang keseluruhannya tersebut untuk kelangsungan hidup manusia.dalam pertanian yang menjadi ruang lingkupnya berupa pengolahan, pembibitan, dan pembudidayaan pada makhluk hidup, khususnya tanaman dan hewan.

  2. Agricultural engineering (teknik pertanian)  adalah penerapan dasar-dasar teknik dalam bidang pertanian mencakup teknologi pertanian, teknik sumber daya alam pertanian, teknik  proses hasil pertanian dan sejenisnya guna meningkatkan efisiensi usaha pertanian baik berupa mutu, kesejahteraan petani, dan kelestarian lingkungan. Dalam teknik pertanian yang menjadi jangkauannya terletak pada bidang irigasi, teknik Pasca panen, mekanisasi pertanian, dan lainnya.

  3. Biosystem (sistem hayati)adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat makhluk hidup  yang saling berinteraksi antara makhluk hidup yang satu dengan lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada biosistem ini mencakup interaksi-interaksi makhluk hidup yang  ada di dalamnya pada suatu lingkungan.

  4. Biosystem engineering (teknik biosistem) adalah Teknik biosistem merupakan ilmu teknik  yang mengombinasikan keilmuan matematika, biologi, fisika, kimia, dan prinsip-prinsip keteknikan baik berupa analisis, desain, dan control untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pertanian, lingkungan, biologi, dan energy sehingga dapat meningkatkan hubungan antara manusia dengan lingkungan. Dalam teknik biosistem yang menjadi bidang cakupannya berupa analisis, desain, dan kontrol pada interaksi makhluk hidup untuk mencapai keefisienitas dan keefektifitas dalam pengelolaan alam.


[irp posts="4989" name="Pengertian Pertanian, Teknik Pertanian, Biosistem, dan Biosistem Engineering"]

Sekian artikel kali ini, Terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar

close