Sebutkan media pemasaran online yang sering digunakan

Sebutkan media pemasaran online yang sering kali digunakan untuk para pebisnis!!. sebelum kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan media pemasaran online, kamu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan media pemasaran tersebut.

Media pemasaran online merupakan ruang digital yang dipakai oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan/memasarkan produknya. Ruang digital ini adalah teknologi internet (online marketing) yang sangat masif sejak satu dekade terakhir. Makanya media ini dipandang efektif untuk mempromosikan atau memasarkan sesuatu.

Pemasaran memang bukan lagi menjadi sesuatu yang baru, karena kaitan pemasaran adalah memperkenalkan kepada penonton sehingga tercipta brand awareness dan disaat itu pula tercipta lead yang dapat digiring ke closing.

Memperkenalkan produk dan jasa di media online sangat efektif bahkan saat ini banyak pelaku bisnis baru yang berkecipung di dunia pemasaran online (online marketing) agar mendapatkan traffic yang tinggi. Pengaruh traffic inilah yang menyebabkan banyaknya minat dari calon pembeli, sehingga bisa diibaratkan seperti toko yang banyak dikunjungi banyak orang.

Alasan Melakukan Pemasaran Di Media Online


Seiring dengan pemakaian jumlah internet yang semakin meningkat, peluang pemasaran di media online juga akan semakin meningkat. Bahkan saat ini seseorang akan cenderung lebih menyukai survey di online dari pada langsung di offline. Maka dari itu beberapa alasan memilih pemasaran online diantaranya :

  1. Jangkauan pasar yang lebih luas

  2. Membangun brand image

  3. Penargetan konsumen yang lebih mudah dan efektif

  4. Menjalin komunikasi antara konsumen dengan penjual


Persiapan Sebelum Menggunakan Media Pemasaran Online


Untuk melakukan pemasaran online berbayar, setidaknya anda harus memiliki sebuah situs website. Dimana website tersebut merupakan tempat atau media penyimpanan informasi produk yang anda jual, sedangkan layanan periklanan tersebut hanya menampilkan deskripsi singkat dan akan dialihkan ke situs anda.

Beberapa kategori website diantaranya :

  • 1. Toko online

  • 2. Company profile (Jenis situs perusahaan)

  • 3. Pribadi


Mungkin kalian masih belum paham apakah kita harus beli toko online? atau kita harus menyewa programmer untuk membuat website?. tidak usah risau, yang dimaksud website disini adalah sebagai media untuk mempertemukan antara penjual dengan pembeli atau biasa disebut dengan pemasaran. Lantas seperti apa contoh website yang dapat digunakan untuk pemasaran tersebut? simak penjelasan berikut mengenai media-media pemasaran online.

Sebutkan media pemasaran online yang paling sering digunakan dan efektif!


berikut ini adalah beberapa media pemasaran yang dapat diakses secara online:

1. Google Ads


Google ads adalah layanan jasa periklanan/pemasaran yang dikelola oleh Google, mengingat Google meruapakan salah satu perusahaan terbesar di dunia online maka banyak para marketers yang sering menggunakan layanan tersebut sebagai media untuk mengiklankan produk dan jasa mereka. Keunggulan Google Ads adalah dapat menargetkan pasar sesuai keinginan, dengan cara melakukan riset keyword / kata kunci dalam layanan Google Ads.

Contoh pemasaran menggunakan iklan Google Ads dengan keyword (kata kunci) “beginner yoga classes" yaitu sebagai berikut

Sebutkan media pemasaran online

keuntungan menggunakan media Google Ads lainnya adalah selalu berurutan di posisi 1 pencarian.

2. Instagram Dengan Menggunakan Teknik Hastag (Gratis)


Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer saat ini, untuk melakukan pemasaran di media online tersebut sangat gratis yaitu upload semua gambar produk atau jasa yang anda jual dan isi deskripsi pada tiap gambar cantumkan hastag (#). Hastag tersebut bertujuan untuk menembak sasaran target.

Berikut ini adalah contoh pemasaran online menggunakan media sosial instagram dengan teknik hastag:

[caption id="" align="aligncenter" width="606"]Hasil gambar untuk hastag instagram teknik hastag pada media sosial instagram[/caption]

3. Instagram Ads


Instagram ads adalah layanan berbayar dari media instagram, beberapa keunggulan instagram ads adalah dapat meningkatkan brand awareness secara cepat di platform instagram. Bahkan hampir pengguna instagram melewati iklan saat online dan meng-scroll timeline-nya sehingga dapat berdampak pada pengenalan brand bisnis dan menarik daya calon pembeli.

Untuk melakukan pemasaran online melalui media instagram ads, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya video yang unik, dan atau situs website. Video tersebut akan menampilkan di beranda pengguna instagram secara singkat, apabila pengguna media sosial tersebut tertarik maka akan menekan tombol selengkapnya / beli / shop now, dst setelah itu akan dialihkan ke situs lain anda. Sebenarnya tidak hanya situs website sendiri, kamu juga bisa menggunakan website lain seperti shopee, tokopedia, atau media online yang disebutkan disini. namun, akan lebih baik menggunakan website sendiri karena kita dapat mengambil data pembeli untuk kita analisis lebih lanjut agar pemasaran online kita dapat dievaluasi.

Contoh penggunaan instagram ads sebagai media pemasaran onine :

sebutkan media pemasaran online

4. Marketplace


Berbagai macam marketplace (pasar online) populer yang tersedia di indonesia diantaranya Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia dan lain lain. Untuk melakukan pemasaran online di marketplace sangatlah mudah, dengan mendaftar dengan nomor handphone atau e-mail dan dilanjutkan mengisi etalase pada toko online anda menggunakan produk kamu. berikut ini contoh pemasaran online menggunakan marketplace Tokopedia

Hasil gambar untuk tokopedia produk

5. Marketplace Ads


Marketplace ads adalah layanan yang digunakan untuk memposisikan produk anda di halaman pertama pada marketplace, cara kerjanya hampir sama dengan layanan Ads (periklanan) lain yaitu ketika calon pembeli mengetikan kata kunci yang sesuai pada produk yang anda jual, maka posisi produk anda akan berada di halaman teratas dan nomor satu pada online market website yang anda gunakan.

Beberapa kelebihan menggunakan marketplace ads yaitu biaya yang murah, dapat disesuaikan kata kunci target dan tidak memerlukan sebuah situs website. Berikut ini adalah contoh pemasaran online menggunakan marketplace ads :

Hasil gambar untuk tokopedia ads

6. Facebook Ads


Waalupun media sosial facebook sekarang sudah banyak yang meninggalkan, namun bisa digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk anda di plaform tersebut. Semakin banyak media pemasaran yang anda pakai maka semakin banyak pula keuntungan/trafik yang anda dapatkan. Syarat untuk memakai facebook ads yaitu anda harus memiliki sebuah situs website baik online marketplace atau website sendiri, dan kelebihan lain hampir sama yaitu penargetan keyword / kata kunci, harga yang bisa disesuaikan sesuai budget, dan murah.

Contoh pemasaran menggunakan media facebook ads dapat dilihat pada gambar berikut:

Hasil gambar untuk fb ads

7. Forum Indonesia


Media pemasaran online gratis selanjutnya adalah forum. Penggunaannya sangat mudah dan Gratis yaitu cukup mendaftar di suatu forum dan melakukan pembuatan thread pada produk atau jasa yang anda jual. Kelemahan menggunakan media forum ini  yaitu tidak bisa melakukan targeting kata kunci dan  ditambah lagi jarangnya pengguna forum online tersebut.

8. Twitter


Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media pemasaran online. Meski pada awalnya hanya didesain untuk mengirim status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk secara online. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone)  masyarakat dapat lebih mudah mengakses microweb yang satu ini.

Hasil gambar untuk twitter ads

Beberapa cara untuk memaksimalkan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu mengirim posting tweet yang tepat, menyewa buzzer untuk meningkatkan keberhasilan pemasaran online, atau dengan saling memasarkan akun twitter bisnis online lainnya.

9. Path


Pada awalnya Path dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang dapat ditambahkan pada akun ini. Walaupun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse merupakan salah satu bisnis yang melengkapi pemasaran mereka dengan menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan salah satu bentuk private dari media sosial Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial yang satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar secara online.

sebutkan media pemasaran online menggunakan path

10. Kaskus


Media sosial yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam memasarkan produk. Kaskus dikenal sebagai market place online yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh pada zamannya. Media ini cocok digunakan untuk pemasaran online karena terdapat  Forum Jual Beli. Memang promosi menggunakan media ini tidaklah mudah, apalagi sudah terlalu banyak penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini, namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media pemasaran produk yang ampuh.

11. Blog


Media ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas, namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi dan memperluas jangkauan secara online. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis atau produk yang anda jual pada toko online. Bahkan apabila Anda mau memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan kelebihan dari produk yang anda melalui media blog tersebut. Agar semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog yang menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) guna semakin menarik lebih banyak pelanggan. Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah sebutkan media pemasaran online yang menggunakan blog?. contohnya adalah penjual properti website seperti domain dan hosting di niagahoster.com, domainesia.com, rumahweb.com, dan sejenisnya

12. Email Marketing


Hasil gambar untuk email marketing

Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media pemasaran online lainnya namun jangan remehkan kekuatan dari media satu ini. Email marketing dikenal mempunyai kekuatan yang cukup besar untuk melakukan pemasaran produk secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru kepada para pelanggan.

13. Youtube


Hasil gambar untuk youtube ads

Youtube merupakan Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 yang telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka secara online melalui video yang diupload pada platform ini. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat disukai oleh banyak orang baik dari suatu golongan, usia, dan jenis kelamin. Oleh karena itu, pemasaran bisnis di Youtube sudah merupakan metode wajib dari sebuah rencana promosi usaha. Langkah utama apabila ingin mempromosikan/memasarkan bisnis pada Youtube yaitu dengan mengupload video melalui akun pribadi lalu memilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipasarkan, judul video haruslah menarik dan mengandung kata kunci yang sesuai agar  memperbesar kemungkinan muncul pada halaman pertama pada saat dilakukan penelusuran/pencarian di media ini.

Kesimpulan


Sebutkan apa saja yang menjadi media pemasaran dalam berwirausaha, khususnya media online? jawabannya yaitu Google ads, FaceBook atau FB ads, Instagram hastag atau instagram ads, marketplace atau marketplace ads, forum indonesia, twitter, path, kaskus, blog, email marketing, youtube, dan masih banyak lagi. Adanya media dalam pemasaran online ini dapat memperluas jangkauan pelanggan serta mempermudah interaksi antara penjual dan pembeli.

Sekian penjelasan mengenai media pemasaran online kali ini, semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar